PSP - Kunci Sukses Dunia Akhirat



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bagaimana kabarnya akhi wa ukhti? Semoga dalam keadaan sehatwal afiat
Alhamdumlillah pada hari Sabtu tanggal 21 Oktober 2017 telah terlaksana kegiatan PSP (Pengajian Sabtu Pagi) di Masjid At Takriim SMA Negeri 2 Purwokerto yang diikuti oleh siswa siswi muslim kelas xi. Acara ini dimulai pada pukul 07.00-09.00 yang diisi oleh ibu Ratna Hidayah selaku guru agama islam tentang Kunci Sukses Dunia Akhirat. Nah, sebenarnya apa aja si Kunci Sukses Dunia Akhirat? Mari kita ulas bersama.
1    - Niat
Segala sesuatu tergantung pada niat. Seperti sabda Rasulullah saw  : “sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang akan dibalas berdasarkan apa yang dia niatkan.” (HR. Bukhari dan Muslim)
2    - Mendoakan saudara
Jika kiita mendoakan saudara kita, kita akan mendapat kebaikan yang sama. Rasulullah saw. bersabda : “tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengrtahuan saudaranya kecuali malaikat berkata : dan untuk kamu pula seperti itu.” (HR Muslim)
Jadi mari kita mendoakan untuk kebaikan saudara saudara muslim kiita.
3    - Memiliki ilmu
Banyak orang tidak bisa meraih sukses karena dia tidak mengetahui ilmunya dan suatu amalan tanpa ilmu akan tertolak.
“barang siapa menginginkan sukses dunia hendaklah diaraihnya dengan ilmu dan barang siapa menghendaki sukses akhirat hendaklah diraihnya engan ilmu, barangsiapa yag ingin sukses dunia akhirat hendaklah diraih dengan ilmu” imam Syafi’i
4    - Melakukan perubahan
Dari yang buruk menjadi baik, dibutuhkan tekad yang kuat tidak hanya omongan.
QS. Ar-Rad:11 “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasib atau keadaan yang ada pada dirinya.”
5    - Silaturahim
Siapa yang ingin dipermudah urusannya maka bersilaturahmilah. Silaturahmi adalah perintah Allah SWT. dengan silaturahmi maka kita akan mendapat doa dari orang lain
“barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya) maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi” (HR Muslim)
“barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya diluaskan rezekinya dan di jauhkan dari kematian yang buruk,maka hendaklah bertaqwa kepada Allah dan menyambung siaturahmi” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)
Orang yang memutus silaturahmi tidak akan masuk surga.
6    - Berdoa
dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan doa orang-orang yang memohon kepadaKu. Maka bermohonlah kepadaKu dan berimanlah kepadaKu agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Q.S Al-Baqarah : 186)
Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim, diriwayatkan dari Abdullah bin Umar bahwa Nabi SAW bersabda. “ Barang siapa hatinya terbuka untuk berdoa, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan yang meminta keselamatan. Sesungguhnya doa bermanfaat bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak takdir kecuali doa,  maka berpeganglah wahai hamba Allah pada doa.”
7    - Tawakal
Tawakal adalah berserah diri kepada Allah, setelah berusaha sesuai kemampuan/semaksimal mungkin.
Dari Umar bin Khothob r.a, bahwa Nabi SAW bersabda : “ jika kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benarnya tawakal, niscaya Dia akan memberikan memberikan rezeki kepada seekor burung yang pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sre hari dalam keadaan kenyang.” ( diriwayatkan oleh At-Tirmidzi )
8    - Shadaqah
Karena dengan bershadaqah kita dapat membahagiakan orang lain.
“Perumpamaan ( nafkah yang diperlukan oleh ) orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir : 100 biji. Allah melipatgandakan ( ganjaran ) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah  Maha Luas ( karunia-Nya ) lagi Maha Mengetahui.” ( Q.S Al-Baqarah : 261 )
9    - Bersyukur
1    - Bertaqwa
Bertaqwa adalah melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »