Amaliyah Ramadhan 1439H / 2018M



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Sebelumnya, kami ROHIS SMA N 2 PURWOKERTO mengucapkan Taqobbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyaminkum, ja'alnallahu minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan semoga amal ibadah kita meningkat di Bulan Syawal ini sesuai dengan makna Syawal itu sendiri.
Alhamdulillahirabbil’alamin, ROHIS SMADA telah melaksanakan serangkaian acara pada bulan Ramadhan tahun 1439 H / 2018 M. Acara tersebut ada yang dilaksanakan di lingkungan SMA N 2 Purwokerto dan ada juga yang dilaksanakan di Desa Karang Tengah, Baturraden.  Kegiatan yang dilakukan di sekolah antara lain pesantren kilat dan shalat tarawih bergilir. Kegiatan pesantren kilat dilaksanakan tanggal 30-31 Mei 2018 dan diikuti oleh kelas X dan kelas XI. Untuk pengisi materi yaitu dari guru-guru SMADA, materinya pun menarik sehingga peserta antusias mengikuti acara tersebut. Untuk shalat tarawih bergiir, setiap kelas mendapatkan satu kali giliran dan dalam satu hari terdapat beberapa kelas yang mendapat giliran. Untuk imam dan bilal dari pengurus ROHIS SMADA.
Sedangkan kegiatan yang dilakukan di Desa Karang Tengah yaitu; BBQ, TARLING (tarawih dan tadarus keliling), mengajar di SD, dll. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 31 Mei hingga tanggal 10 Juni 2018. Pada hari Kamis, 31 Mei, ROHIS SMADA berangkat menuju Desa Karang Tengah.  Pada pagi hari, kami mengikuti dan mengurus pesantren kilat, lalu pada jam 10 pagi sebagian dari kami izin untuk mengangkut barang-barang kami ke truk dan sebagian lagi ada yang mengurus pesantren kilat. Setelah itu, kami pun berangkat menggunakn truk dan ada juga yang mengunakan sepeda motor. Sesampainya di sana, kami langsung membereskan transit. Untuk transit ikhwan di TK sedangkan transit akhwat di rumah warga yang kebetulan sedang kosong. Setelah selesai beres-beres, kami beristirahat sejenak sambil mempersiapkan apa-apa yang dibutuhkan. Saat menjelang maghib, perwakilan ikhwan mengambil lauk dan sayur yang telah dimasak oleh akhwat. Untuk hari pertama, kegiatan TARLING belum dilaksankan sehingga kami melaksanakan shalat Isya dan Tarawih di masjid terdekat.
Pada hari selanjutnya, saat sehabis sahur menjelang subuh, kami memencar ke 4 masjid dan 7 mushola untuk mengisi kuliah subuh sesuai dengan jadwal yang ada. Karena hari ini merupakan hari libur, maka kegiatan SD pun belum dapat terlaksana. Pada sore hari, kami menyebar ke 3 TPQ untuk mengajar Al-Qur’an dan mengisi pada TPQ tersebut. Kemudian pada malam hari, kami menyebar lagi untuk mengisi kuliah tarawih dan melaksanakan tadarus keliling.
Pada hari Senin, kami mulai mengajar anak SD di SD N 1 Karang Tengah. Kami mengajar SD kelas satu hingga kelas lima dan sempat memberi motivasi kepada kelas VI yang baru saja lulus agar dapat semangat dalam belajar di jenjang  selanjutnya. Materi yang kami ajarkan antara lain; Fiqih, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Aqidah dan Akhlak, dan Bahasa Arab. Adik-adik yang kami ajar mengikuti pembelajaran dengan senang dan antusias, ini membuat kami juga merasa senang dalam mengajar. Pada hari Selasa, kami diundang di acara perpisahan kelas VI SD N 1 Karang Tengah. Kami diundang untuk berbuka puasa bersama dan mempersiapkan shalat tarawih di sana. Sebagai penutup kegiatan mengajar SD, kami mengadakan lomba keagamaan pada hari Kamis. Mata lomba yang diperlombakan yaitu lomba azan untuk ikhwan kelas IV dan V; lomba mewarnai untuk kelas I, II, dan III; dan lomba evaluasi materi untuk kelas IV dan V. Pada hari berikutnya, dilaksanakan upacara penutupan di SD tersebut sekaligus sebagai pemberian hadiah kepada pemenang lomba yang telah kami adakan.
Selain itu, kami mengadakan bazar pakaian murah yang kami jual di halaman TK. Harganya yang murah, yakni Rp 1000, Rp 3000, dan Rp 5000 membuat banyak warga yang tertarik dan membeli pakaian yang ada di bazar. Hasil dari penjualan tersebut nantinya akan kami salurkan kepada yang membutuhkan. Kami juga memberikan sembako bagi warga Desa Karang Tengah yang kurang mampu.
Sebagai penutup serangkaian acara di Desa Karang Tengah, kami mengadakan pengajian akbar yang dilaksanakan di pendopo milik warga. Atas usulan warga setempat, kami mengundang KH. Ahmed Shoeim El Amin, Lc., MH sebagai pengisi materi. Pengajian akbar diawali dengan penampilan hadroh dari ROHIS SMADA sebagai tanda akan dimulainya pengajian. Dilanjutkan dengan sambutan dari kepala desa, kepala sekolah, dan ketua panitia. Lalu ada penyerahan bantuan kepada anak yatim yang sebelumnya telah kami  undang. Kemudian dilanjutkan dengan pengajian sebagai acara utama. Warga Karang Tengah sangat antusias menanggapi pengajian akbar yang kami adakan. Hal ini terbukti dengan banyaknya warga yang datang pada pengajian akbar tersebut.
Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada warga Desa Karang Tengah yang telah menerima kami untuk belajar bersama dan kepada pihak yang telah membantu kami, sehingga acara ini dapat terlaksana sesuai apa yang diharapkan. Kami juga memohon maaf yang seikhlas-ikhlasnya apabila kami telah melakukan hal-hal yang kurang berkenan.

Sekian dan terimakasih...

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 


Berikut dokumentasi kegiatan Amaliyah Ramadhan 1439H/2018M:
Kegiatan Pesantren Kilat
Mengisi di TPQ (BBQ)
Bermain bersama adik-adik SD N 1 Karang Tengah

Bazar pakaian murah


Foto bersama di SD N 1 Karang Tengah

Pengajian Akbar di Desa Karang Tengah 1439H/2018M

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »