Amaliyah Ramadhan 1438 H / 2017

Assalamu'alaikum wr. wb.

Bagaimana kabarnya akhi wa ukhti ?

Alhamdulillah, tidak terasa kita semua sudah memasuki bulan syawal dan sudah bertemu hari kemenangan setelah melewati bulan ramadhan tahun ini. Kami dari ROHIS SMA N 2 Purwokerto mengucapkan Taqobbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyaminkum, ja'alnallahu minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan bathin. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan kita dapat meningkatkan kembali ibadah kita selanjutnya, aamiin

Pada kesempatan ini kami dari Rohis SMA N 2 Purwokerto akan berbagi mengenai kegiatan kami di luar sekolah yakni kegiatan Amaliyah Ramadhan yang tahun ini dilaksanakan di desa Karanggintung, kecamatan Sumbang. Selain di Karanggintung, kegiatan ini juga ada yang dilaksanakan di SMA N 2 Purwokerto yaitu kegiatan Pesantren Ramadhan selama 3 hari untuk siswa dan siswi muslim kelas X dan kelas XI yang pada hari terakhir diadakan buka bersama dan tarawih bersama di SMA N 2 Purwokerto. Kemudian kegiatan lain yang dilaksanakan di SMA N 2 Purwokerto yaitu tarawih bergilir, yaitu tarawih bersama yang dilaksanakan di Masjid At Takriim (Masjid yang bertempat di lingkungan SMA N 2 Purwokerto) dan dilaksanakan secara bergilir setiap kelas sesuai dengan jadwal yang ada, sedangkan untuk imam dan bilal adalah dari pengurus Rohis SMA N 2 Purwokerto. Kegiatan ini bertujuan untuk memakmurkan Masjid kami tercinta.

Amaliyah Ramadhan di desa Karanggintung ini dimulai dari tanggal 10 Juni 2017 hingga tanggal 21 Juni 2017. Disana kami menempati dua rumah, yaitu satu rumah untuk sekretariat ikhwan dan satu rumah sekretariat akhwat.

Pada tanggal 10 Juni 2017 kami berkumpul di SMA N 2 Purwokerto dan kemudian berangkat dari SMA N 2 Purwokerto pukul 08.30 WIB. Setelah sampai di desa karanggintung kami mulai membersihkan rumah dan menata barang barang yang kami bawa. Kemudian menjelang ashar kami bersiap siap untuk mengajar BBQ (Belajar Baca Qur'an) dan mengikuti Tarling (Tadarus Keliling). Kegiatan BBQ ini diikuti oleh anak anak berumur sekitar 5 - 12 tahun. Kegiatan BBQ ini dilaksanakan di Masjid Al Hikmah dan Masjid Nauroh sedangkan untuk Tadarus keliling dilaksanakan di rumah warga di sekitar Masjid Al Ikhlas atau di Masjid Al Ikhlas. Pada saat BBQ ini juga kami selipkan bercerita tentang kisah nabi dan mengajar beberapa pelajaran dengan bernyanyi atau dengan berbagai permainan, kemudian apabila sudah menjelang maghrib kami menutup kegiatan BBQ ini atau berbuka bersama di Masjid tempat dilaksanakannya BBQ. sedangkan untuk tadarus keliling (tarling) ini biasanya kami melakukan tadarus bersama, setelah bertadarus kami membaca asmaul husna dan mendengarkan kisah nabi dari ustadz yang memimpin kegiatan ini (warga karanggintung), kemudian setelah itu kami memberikan sedikit motivasi kepada anak anak yang mengikuti tadarus keliling ini, setelah adzan maghrib berkumandang kami biasanya dipersilakan untuk berbuka puasa bersama anak anak yang mengikuti tadarus keliling ini. setelah berbuka bersama kami mengikuti solat maghrib berjamaah di masjid tersebut.

Saat waktu tarawih tiba kami segera bersiap dan segera menuju ke masjid atau musola yang telah dijadwalkan karena kami akan mengisi kuliah tarawih atau tadarus Al Qur'an di masjid atau mushola tersebut. Di desa karanggintung ini ada sekitar 8 musola dan 6 masjid. Kami menyebar ke seluruh masjid dan musola sesuai jadwal.

Menjelang subuh kami bersiap dan segera menuju ke masjid atau musola yang telah dijadwalkan karena kami akan mengisi kuliah subuh. Kemudian pagi harinya kami mengajar di SD N 1 Karanggintung untuk mengisi kegiatan Pesantren Ramadhan di SD N 1 Karanggintung. pelajaran yang kami ajarkan antara lain Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, Akidah dan Akhlak, Qur'an, Praktek hafalan surat pendek, solat, dan kaligrafi. Siswa siswi SD N 1 Karanggintung sangat antusias dan sangat senang bisa belajar dan bermain dengan  kakak kakak Rohis SMA N 2 Purwokerto sehingga membuat kami semangat dalam mengajar di SD N 1 Karanggintung.Kemudian pada hari Jumat, 16 Juni 2017 kami mengadakan perlombaan di SD N 1 Karanggintung yang terdiri dari ulangan harian dengan materi yang diujikan adalah materi yang telah kami ajarkan, lomba mewarnai, lomba adzan, dan lomba hafalan surat. Dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah saat Pengajian Akbar.

Tidak hanya mengajar, mengisi kultum, dan mengajar BBQ, di sini kami juga mengadakan cek kesehatan gratis yang bekerja sama dengan LAZISMU. Sekitar 100 orang warga desa karanggintung berdatangan ke balai desa karanggintung untuk melakukan cek kesehatan yang kami adakan. Cek kesehatan gratis ini dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Juni 2017. Melihat raut bahagia dan antusias warga membuat suatu efek positif bagi kami agar kami dapat terus bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikanNya. Selain itu, jujga ada kegiatan bakti sosial atau baksos, yaitu kegiatan membagikan paket paket sembako kepada beberapa warga desa karanggintung yang kurang mampu. Paket paket sembako ini disponsori oleh LAZISNU dan BAZNAS.

Untuk menutup rangkaian kegiatan Amaliyah Ramadhan tahun ini kami mengadakan Pengajian Akbar yang dilaksanakan pada malam hari setelah solat tarawih yaitu pada hari Selasa, 20 Juni 2017. Pengajian Akbar ini diisi dengan sambutan dari ketua panitia, kepala desa, dan dari pihak SMA N 2 Purwokerto. Kemudian dilanjutkan penampilan Hadroh dari SMA N 2 Purwokerto, pembagian hadiah kepada siswa siswa pemenang lomba pada hari Jumat 16 Juni 2017 di SD N 1 Karanggintung, santunan untuk anak yatim, dan kemudian tausyiah dari Ustadz Fatchurahman. Ternyata antusias warga sangat besar untuk menghadiri Pengajian Akbar ini.

Kemudian berakhirlah rangkaian acara Amaliyah Ramadhan di desa Karanggintung. Dokumentasi untuk kegiatan Amaliyah Ramadhan 1438 H ini bisa dilihat di Facebook ROHIS dengan nama Rohis SMA N 2 Purwokerto, berikut linknya https://web.facebook.com/pg/rohissmadha/photos/?tab=album&album_id=745269105655372

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh warga Desa Karanggintung karena telah mengajarkan kami arti belajar bermasyarakat dan berdakwah. Terima kasih pula kepada pihak pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua. Kami memohon maaf seikhlas ikhlasnya apabila selama kegiatan Amaliyah Ramadhan ini terdapat hal hal yang kurang berkenan.

Sekian dan Terima kasih
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »