Idul Adha 1438 H

 




Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Alhamdulillah, puji syukur marilah senatiasa kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita berbagai kenikmatan, diantaranya ialah nikmat iman, islam, dan nikmat sehat. Tak lupa shalawat serta salam marilah kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, serta para keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang istiqamah hingga akhir zaman nanti.
Para pembaca yang semoga dirhamati Allah,
Alhamdulillah, pada Hari Jum’at  1 September 2017, Rohis SMA N 2 Purwokerto telah sukses melaksanakan serangkaian acara Idul Adha 1438H. Dan Alhamdulillah, pada Idul Adha kali ini SMA N 2 Purwokerto menyembelih 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Sapi tersebut disembelih di   SMA N 2 Purwokerto dan 5 ekor kambing disembelih di Desa Karanggintung, tempat bakti sosial ramadhan tahun 2017.  Rangkaian acara Idul Adha 1438H dimulai dengan takbiran dan persiapan pelaksanaan sholat Idul Adha yang dilaksanakan oleh panitia dari Rohis SMA N 2 Purwokerto. Acara selanjutnya yaitu sholat Idul Adha yang dilaksanakan di lapangan depan SMA N 2 Purwokerto. Dan acara terakhir ialah pembagian daging dan makan-makan panitia.
Rangkaian acara berjalan dengan lancar, dimulai dengan panitia dari Rohis SMA N 2 Purwokerto datang ke SMA N 2 Purwokerto pada pukul 17:00 pada Hari Kamis, 31 Agustus 2017. Acara lalu dlanjutkan dengan sholat maghrib, sholat Isya, dan dzido. Setelah dzido, kami melaksanakan briefing atau pengarahan sebentar.Lalu panitia dibagi menjadi beberapa kelompok, ada yang bertugas di Masjid At-Takriim untuk takbiran, ada yang bertugas mempersiapkan alat dan tempat untuk pelaksanaan shlolat, ada pula yang bertugas untuk menunggu sapi yang akan datang pada pukul 20:00. Untuk persiapan sholat Idul Adha, kami memasang patok-patok sebagai penanda barisan shaf untuk sholat nantinya. Kami juga memasang panggung kecil sebagai tempat imam, dan mimbar untuk berkhotbah. Untuk sound, kami menyewa sound system dari luar.
Pada keesokan harinya, setelah melakukan shalat subuh, kami mengadakan briefing lagi. Kali ini briefing dimaksudkan untuk melakukan pengarahan dlam pelaksanaan sholat Idul Adha nantinya. Setelah briefing, seluruh panitia dipersilahkan untuk mandi dan bersih-bersih terlebih dahulu.
Pukul 05:30, semua panitia sudah sibuk mempersiapkan segala keperluan. Jamaah sholat Idul Adha pun sudah banyak berdatangan ke lapangan depan SMA N 2 Purwokerto. Seperti tahun-tahun sebelumnya SMA N 2 Purwokerto  bekerja sama dengan pihak Masjid Jenderal Sudirman dalam melaksanakan sholat Idul Adha.
Pukul 06:30, sholat Idul Adha dimulai. Kali ini yang bertindak sebagai Imam ialah beliau Ust. Masnun Lc, sementara sebagai khotib ialah beliau Bapak Drs.H Sugito. Pelaksanaan Sholat idul Adha berjalan khusyuk, banyak jamaah yang datang untuk sholat di SMA N 2 Purwokerto dan didominasi oleh siswa dan siswi SMA N 2 Purwokerto. Setelah sholat Idul Adha selesai, panitia membersihkan lapangan depan dan membereskan perlengkapan-perlengkapan, seperti patok,mimbar,dll.



Sekitar pukul 08:30, sapi qurban disembelih. Banyak warga SMA N 2 Purwokerto yang antusias melihat proses penyembelihannya. Pada Idul Adha kali ini, yang berlaku sebagai penyembelih ialah beliau Bapak Drs.Kharis. Sapi yang telah disembelih,  lalu dikuliti dan ditetel bersama-sama. Banyak warga SMA N 2 Purwokerto yang ikut membantu proses penetelan daging sapi. Dalam proses pengolahan daging sapi ini, kami juga dibagi tugas lagi, ada yang menetel daging sapi di SMA N 2 Purwokerto, ada pula yang bertugas membersihkan jeroan sapi di sungai. Tugas membersihkan jeroan sapi inilah tugas yang paling sulit, tetapi mengasikkan. Sulit karena kita harus membawa jeroan sapi yang tentunya berat, ke sungai yang jaraknya agak jauh dari SMA N 2 Purwokerto ditambah lagi jalan yang sempit dan menurun. Tetapi karena itu, kami dapat menambah rasa kekompakan dan kerja sama antar anggota ROHIS.
Sekitar pukul 12:00, panitia melaksanakan sholat Jum’at dan setelahnya mulai membungkus daging dalam plastik yang telah disiapkan.
Pukul 13:00, acara yang paling ditunggu-tunggu tiba , makan bersama. Di acara ini, seluruh panitia berkumpul di rumah Pak Sarkim untuk makan makanan yang telah dimasak oleh panitia akhwat. Di acara ini kami bisa beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga sembari berbincang-bincang satu sama lain.


Pada pukul 14:00, pembagian daging mulai kami lakukan. Daging yang telah dibungkus dibagikan kepada siswa-siswi SMA N 2 Purwokerto yang membutuhkan terlebih dahulu, dan setelahnya kami membagikan daging kepada warga sekitar SMA, ke panti asuhan, dan sebagainya.
        Sekitar pukul 16:00 setelah melakukan sholat ashar, kami membereskan semua peralatan dan pulang.
Kiranya, sekian cerita Idul Adha tahun 1438 H, bila ada kesalahan kami ROHIS SMA N 2 Purwokerto mohon maaf,
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »