Turkey, I'm in love (part. 2-end)

Assalamualaikum, akhi ukhti

Udah lama nih ga update blog-rohis. Temen-temen baru aja nyelesein UKK. Liburan didepan mata. Ada planning mau kemana? Kita sekarang lanjutin aja ya, jalan-jalan kita ke Turki. Okehh??

Sebelumnya udah dijelasin beberapa tempat wisata bersejarah di Turki. Sekarang kita ke bagian alamnya. mari kita nikmati keindahan alam Turki.

TURKI SELATAN (LAUT MEDITERANIA)



Kali ini kita jalan-jalan ke bagian selatan Turki, tepatnya di pesisir laut mediterania.Di Turki Selatan,kota yang tidak boleh dilewatkan adalah Antalya. Antalya memiliki pelabuhan tua yang cantik dan mengundang untuk hanya sekedar duduk di tepi dinding beton-nya sambil memandangi kapal-kapal layar yang keluar masuk pelabuhan. Salah satu sisi kota Antalya dilindungi oleh pegunungan Taurus sehingga memiliki iklim yang lebih bersahabat dibandingkan kota lain dibalik pegunungan Taurus ini. Pada bulan Maret di Antalya suhunya berkisar 18 derajat Celcius, di balik pegunungan Taurus masih bersalju.



Bagian kota tua Antalya yang terdekat dengan pelabuhan memiliki rumah-rumah kecil di gang-gang sempit diselingi dengan toko-toko yang menjual souvenir.

Dikarenakan dengan iklimnya yang bersahabat, Antalya juga terkenal dengan produksi sayuran dan buah-buahan terutama jeruk. Lambang dari kota inipun dihiasi dengan buah jeruk. Ada beberapa air terjun di Antalya. Air terjun Duden ketinggiannya 60 meter jatuh langsung ke laut. Selain itu air terjun Kursunlu yang terletak di sebuah taman yang indah dan tenang.

Highlight daerah ini yang tidak boleh dilewatkan adalah Theater Aspendos yang terletak sekitar 50 km sebelah timur Antalya. Amphitheater yang besar ini dibangun kira-kira pada tahun 200.Masehi Saat ini 1800 tahun setelahnya masih dalam kondisi bagus, bahkan tiap tahun di musim panas ada pagelaran teater disana. Tahun ini dipertunjukkan 2 judul yaitu Troy dan Fire of Anatolia. Aspendos memiliki kapasitas sekitar 13000 orang. Sangat mengagumkan bahwa teater kuno ini memiliki akustik yang sangat bagus. Aspendos adalah salah satu theater di Turki yang banyak dikunjungi selain amphitheater di Efesus.



Di dekat Aspendos ada juga salah satu sisa kejayaan zaman Romawi yaitu Aquaduct, sebuah jalan berupa jembatan tinggi dari batu sepanjang beberapa kilometer yang dulu digunakan sebagai jalan untuk memudahkan penduduk di kota untuk memperoleh air dari pegunungan.

Selain itu kota antik bernama Perge juga merupakan kota yang patut dikunjungi. Kota ini memiliki reruntuhan yang cukup jelas penggunaannya. Kota ini dibangun kira-kira 4000 tahun SM dan sudah memiliki kebudayaan yang sangat tinggi. Di Perge dapat dilihat adanya pemandian thermal yang sudah memiliki pemanas lantai dan aslinya seluruh bangunannya dilapisi marmor. Diceritakan bahwa para wanita harus membayar tiket lebih mahal untuk memasuki pemandian thermal ini dikarenakan para wanita selalu membawa anak-anak mereka turut serta.

Selain itu ada juga sisa bangunan besar yang dulunya merupakan tempat bertemunya pada penduduk, bahkan masih ada papan permainan dari marmor yang digunakan para lelaki untuk menghabiskan waktu.

waw.. keren! waduh semakin ngebet ke Turki nih... selain indah juga bersejarah.
Semoga bisa kesana deh... amin, doa aja semoga Tadabur Alam rohis kesana...
hehehe

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

(Updated! Penulis artikel ini Alhamdulillah benar2 terwujud mimpinya untuk ke Turki untuk menghadiri 15th International Veterinary Student Research Congress di Istanbul Turki tanggal 3-12 Mei 2013 pada saat kuliah di UGM, Jika ingin membaca kisah seanjutnya dari Turki bisa kunjungi blognya di  
http://milachang.blogspot.com/)



By: Mila

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »