Tahun baruan, yuk !

Udah jadi tradisi negara kita merayakan tahun baru masehi. Disana-sini pada niup terompet, nyalain kembang api de el el. Memang buat kita umat muslim ga wajib merayakan tahun baru hijriyah apalagi tahun baru masehi. Malah menurut beberapa pihak merayakan tahu baru = dosa. Allah SWT juga berfirman :

اللهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ وَيَقْدِرُ وَفَرِحُوا بِالْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَمَاالْحَيَاةُ الدُّنْيَا فِي اْلأَخِرَةِ إِلاَّ مَتَاعٌ

Dan mereka (orang-orang kafir) berbangga-bangga dengan kehidupan dunianya, padahal tidaklah kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, kecuali hanyalah kesenangan (yang sedikit).” (Q.s. Ar-Ra’d: 26)

Naah , jadi bagaimana menurut kalian ?. sebetulnya gak apa sih kita rayain tahun baru ini .. asal cara kita ngerayain diubah dikiit aja .. mau tau ? cekidoot !

Ini nih cara kita umat islam ngerayain tahun baru :

1. Berbagi kebahagiaan bersama orang lain

Tahun baru bukan ajang menguras dompet mas n mba bro ! dompet kalian yang tebel itu malah seketika menipis ketika kalian memilih hura-hura buat ngerayain tahun baru dan musti terlunta-lunta waktu tahun baru habis. Mendingan tahun baru kita isi dengan saling berbagi dan bahagia sama-sama. Apa sih yang bisa bikin kita lebih bahagia dari berbagi sama orang lain ? bukan nguras duit, kita bisa dapet rizki yang berlipat. Apapun itu, berbagi maknan, berbagi coklat, permen. Gak harus yang mihil-mihil kok ! kebahagiaan bukan dari barangnya tapi dari kebersamaan dan keikhlasannya. jadi, bagilah apa yang bisa kalian bagi (menurut ana). Hehe

2. Ngaji (lebih seru bareng temen2 )

Seperti yang udah disebutin diatas, beberapa pihak nganggep tahun baruan = dosa. Bisa gak sih kita sulap aja tuh kata dosa jadi “pahala yang banyaaaaak banget”. Of course bisa ! jalan buat dapet pahala itu banyak banget . salah satunya yaa ngaji, bayangin .. betapa indahnya kalo nunggu detik-detik tahun baru itu pake ngaji, bareng temen-temen lagi..dijamin di hari tahun baru itu lebih bermakna dan berpahala, hehe. Itung-itung nabung buat akhirat. Kalian bisa bangga dikit pas di akhirat ditanya “apa yang kamu lakuin semasa tahun baru di dunia?” (kayaknya gak ada pertanyaan kayak gitu deh, tapi siapa tau ada malaikat lewat tiba-tiba nanya?.. wallahualam)

3. Galau bersama

Ana tau apa yang kalian pikirkan pas baca yang diatas ini : cinta. Ya emang bener sih ana disini mau ngebahas cinta. Tapi bukan cinta sesama manusia apalagi sesama jenis. Maksud ana “cinta” disini itu cinta sama ALLAH SWT. Pas tahun baruan nanti kita galau bareng-bareng gitu. Nyesel kita bikin dosa setahun ini, padahal setahun ini ALLAH saking sayangnya sama kita, masih mau ngasih kita kesempatan di dunia, ya kesempatan belajar, kesempatan ngaji (ngaji sama belajar sama aja kali ya), berbakti sama orang tua, guru, de el el. Ya masih ada banyak galau galau lainnya. Kalian bisa create sendiri galau versi kalian.

4. Banyakin doa

Secara new year itu berarti umur kita semua berkurang, berarti kesempatan minta ini itu sama Allah juga berkurang. Kita perbanyak berdoa kita selagi masih bisa berdoa. Asal doanya itu baik-baik insyaAllah bakalan dikabulin kok. Doain juga orang-orang yang sudah mendahului kita juga. Jangan lupa doa-doanya diiringi dengan ibadah kita yang rajin. Pasti lebih express terkabulnya ^^

Sebenernya masih banyak lagi yang bisa kalian lakuin biar new year kalian lebih bermakna dan berpahala. Yaa kalian bisa sebutin satu satu sendiri kalo mau :p. Oyaaaa jangan lupa, apa yang udah disebutin diatas musti pake kunci.| Hah ? kunci? Apaan ? ga punya ! | kunci itu bisa kalian buat sendiri. Tau ga apa ?? ya pinter yang jawab IKHLAS ! hehehe , segini yang bisa ana sampein .. kalo ada kata-kata yang ga berkenan mohon dimaafin karena kesalahan milik kita dan kesempurnaan itu hanya milik Allah semata. Semoga Allah selalu meridhoi kita, dan semoga kita bisa ngerayain New Year besok dengan penuh makna en pahala ^^ aamiin

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments