4.06.2012

Mengapa Sujud 2 kali???

Pernahkah kita berpikir mengapa kita sujud 2 kali dalam sholat?sedangkan gerakan lain hanya sekali dilakukan?Kebanyakan tidak.Namun hitungan dua kali ini ternyata juga ada hikmahnya dari sisi kesehatan.
Ruku' Sekali Sujud Dua kali?
Mungkin kita berpikir mengapa rukuk hanya sekali sedangkan sujud dua kali.Gini penjelasannya.....
  • Pertama, ruku' hanya sekali karena ruku' menandakan jumlah rakaat. itulah alasan mengapa ruku' hanya dilakukan sekali.
  • Kedua, sekali rukuk sudah cukup untukmenyuplai darah ke kepala dan mengosongkan darah di sebagian wilayah perut sehingga kepala siap menampung darah yang berasal dari kai ketika menunduk hendak sujud. Seperti kita ketahui, ketika hendak sujud, otot2 kaki mengerut dan memompa darah ke arah jantung disebabkan gerakan dinamis ketika menunduk untuk sujud.
  • Ketiga, ruku' tidak memberikan efek penguatan otot, daya tahan dan suplai darah ke otak sebagaimana sujud. ia hanya merupakan fase peralihan dari berdiri ke sujud..

     
Sedikit Hikmah Sujud Dua Kali.
  • Dua lengan yang menekuk saat hendak sujud pertama berfungsi menahan berat badan. Lalu tangan diluruskan ketika bangun dari sujud dan kemudian dilakukan sujud kedua. gerakan ini dapat menguatkan otot-otot lengan, dada, perut, dan punggung. selain itu pundak menjadi lurus dan rongga dada semakin lega sehingga rongga pernafasan semakin leluasa akibat bertambahnya darah yang kaya oksigen dan dapat meningkatkan fungsi dinamis organ tubuh.
  • Sujud pertama menambah suplai darah ke otak. Pada saaat bangun dari sujud pertama, sujud berfungsi mengembalikan darah dari otak bersama sisa-sisa metabolisme sehingga otak tercuci dan segar kembali.
  • Sujud selain sebagai puncak ibadah juga merupakan puncak gerakan sholat.
  • Ketika sujud seluruh otot bersama-sama mengerahkan tenaga yang relatif besar. Pada sujud kedua, otot-otot ini menjadi semakin kuat dan memberikan efek positif bagi organ tubuh. Jika dilakukan berulang kali mka akan memperbaiki fungsi organ2 tubuh dan vitalitas otak akan semakin meningkat sehingga dapat berpikir lebih baik dan menciptakan kreatifitas2 baru.
Tentu, hikmah sebenarnya hanya Allah yang tahu. Kita melakukannya karena demikianlah Rasulullah mencontohkannya.Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua.
Disadur dari "majalah Elfata edisi 02 volume 08,2008"

No comments:

Post a Comment