Tulisan dengan tema Shalat Khsusyu’ ini disarikan dari karya Hujjatul Islam Imam Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumidiin dalam bab kitabu Asraris Shalati yang mengupas berbagai rahasia
dan hikmah dalam shalat. Mulai dari gerakan badan hingga kandungan
nilai dalam bacaan shalat, yang jika dimengerti dengan benar akan
menambah makna shalat itu sendiri.
Pada dasarnya shalat merupakan ibadah yang bertujuan mengingat Allah sebagaimana firman-Nya.
وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي
Kerjakanlah shalat untuk mengingat-Ku (Thaha-14)
Mengapa harus selalu meingat-Nya? karena melupakan-Nya adalah suatu kesalahan besar. Berbagai ni’mat
Allah yang tidak terhitung jumlahnya dan tidak ternilai harganya, mulai
ni’mat memandang, meraba, merasa, bernafas dan lain sebagainya, semua
diperoleh dari-Nya secara cuma-cuma. Bagaimana pantas melupakan-Nya,
jika kehidupan ini bergantung sepenuhnya kepada-Nya? karena itulah Allah
swt mengingatkan kita dengan firmannya
ولاتكن من الغافلين
Janganlah kamu termasuk oang-orang yang lupa (al-a’raf 205)
Termasuk kategori lupa adalah melakukan shalat tanpa disertai
kehadiran hati. Shalat yang kering, shalat yang hanya bertujuan
menggugurkan kewajiban. Meskipun mulutnya terlihat sibuk, tetapi tak
satu rakaatpun yang dimengerti. Malahan hatinya dipenuhi dengan masalah
keduniawiyan. Yang terucap memang bacaan takbir, yang terdengar adalah
bacaan tasbih tetapi yang diingat adalah barang dagangan, urusan bisnis,
dan lain sebagainya. Sungguh Allah swt tidak menganggap pengabdian
semacam ini. Rasulullah saw bersabda:
لاينظر الله الى صلاة لايحضر الرجل فيها قلبه مع بدنه
Allah swt tidak memandang shalat seseorang yang tidak menghadirkan (konsentrasi) hatinya beserta badannya.
Bahkan lebih dari itu, Allah swt mengancam mereka yang shalat dalam
keadaan lalai atau kosong, artinya shalat yang dilakukan begitu saja
tanpa disertaI kekhusyu’an. Dalam surat al-Maun ayat 4-5 Allah swt
menjelaskan ancaman-Nya:
فَوَيْل لِلْمُصَلِّينَ الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتهمْ سَاهُونَ
Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.
Oleh karena itulah, jika syarat syahnya shalat terdiri dari berbagai
tindakan shahir, maka sesungguhnya khusyu’ merupakan tindakan bathin
yang tidak bisa ditinggalkan karena ia menempati posisi adab (tata
krama) dalam shalat. Sebagaimana seorang tamu presiden selain
berpenampilan rapi, ia harus berlaku yang sopan kepadanya dengan penuh
hormat. Demikianlah dalam shalat seorang hamba harus merasa sebagai
orang yang lemah dan hanya Dialah yang Paling berkuasa.
Mengenai hal ini, kisah hatim al-A’sham ketika ditanya seseorang
tentang cara shalatnya ia menerangkan “…Aku jadikan ka’bah diantara dua
pelipisku, Aku jadikan sirath (titian
penyebrangan di hari kiamat nanti) di telapak kakiku, sorga di sebelah
kanan dan neraka di sebelah kananku, dan malaikat pencabut nyawa ada
dibelakangku siap-siap menerkam-ku sehingga aku merasa shalatku adalah
shalat untuk terakhir kalinya…”
Jika telah demikian adanya maka dampak dari shalat itu akan terasa
dalam segala lini kehidupan. Shalat tidak hanya membangun kesalehan
individual, tetapi juga kesalehan sosial.
الصلاة مطهرة للقلوب من أدناس الذنوب واستفتاح لباب الغيوب
Sesunguhnya shalat itu membersihkan hati dai kotoran dosa dan membuka pintu-pintu yang ghaib.
Shalat seperti inilah yang diperitnahkan oleh Allah sebagaimana termaktub dalam Al-ankabut ayat 45;
اتْلُ مَا أُوحِيَ
إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى
عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al
Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari
(perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat
Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang
lain)... (red. Ulil H)
No comments:
Post a Comment