Dakwah Ramadhan 2016/1437 H



Assalamu’alaikum wr. wb.
Alhamdulillah kita masih diberi banyak kenikmatan ya, salah satunya masih bisa menikmati bulan ramadhan yang luar biasa ini. Namun tidak terasa sudah lebaran saja ya sobat,, gimana nih ibadahnya di ramadhan tahun ini? Meningkatkah?  Semoga amal ibadah kita terus meningkat dan dapat terus melakukan kebaikan ya sobat,,

Untuk kesempatan kali ini kami dari ROHIS akan berbagi sesuatu yang berbeda. Biasanya kami berbagi ilmu atau materi tentang keputrian dan berbagi aktifitas kita d isekolah, namun kali ini kami akan berbagi tentang kegiatan ROHIS yang dilaksanakan di luar wilayah sekolah.
Kegiatan kali ini berbeda dari kegiatan ROHIS biasanya karena kegiatan kami yang kali ini langsung terjun pada masyarakat bahkan kami ikut hidup di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan ini kami beri nama “ Dakwah Ramadhan”.
Dakwah Ramadhan adalah kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan oleh ROHIS SMAN 2 Purwokerto. Untuk tahun ini,  Alhamdulillah terpilihlah Desa Kemutug Kidul sebagai tempat pusat dari kegiatan Dakwah Ramadhan.
Selain kegiatan yang dipusatkan di Desa Kemutug Kidul, kami juga mengadakan pesantren kilat bagi kelas X selama 4 hari di Pondok Pesantren Al-Falah Jatilawang dan bagi kelas XI selama 2 hari di sekolah. Sekolah juga mengadakan kegiatan tarawih bersama di Masjid At-Takriim SMA N 2 Purwokerto yang belum lama selesai dibangun. Kegiatan ini berlangsung selama 25 hari dan setiap kelas akan mendapat giliran tarawih bersama 3 hari berturut-turut secara bergantian sesuai jadwal. Adapun imam dan bilal sholat tarawih dari ROHIS sendiri. Kegiatan ini tidak lain bertujuan untuk memakmurkan masjid kami tercinta.
Dakwah Ramadhan di Desa Kemutug Kidul dimulai dari tanggal 9 juni 2016 sampai 23 juni 2016. Disana kami tinggal di dua rumah warga karena satu rumah untuk sekretariat ikhwan dan satu lagi untuk sekretariat akhwat. Hari pertama kami awali dengan menata semua barang dan melakukan acara pembukaan serta pengenalan kami pada warga Kemutug Kidul. Kami mengenalkan beberapa kegiatan yang akan kami laksankan di Desa Kemutug Kidul karena kami bukan hanya sekedar menetap disana tetapi kami juga ingin memberikan manfaat bagi Desa Kemutug Kidul.
Di hari berikutnya kami mulai menjalankan aktifitas sesuai yang telah kami rencanakan. Menjelang shubuh, kami segera menyiapkan segala hal yang kami perlukan untuk mengisi kuliah shubuh dan sholawat. Total mushola di desa Kemutug kidul sekitar 12 mushola dan satu buah masjid. Kami menyebar ke seluruh mushola sesuai jadwal yang telah tersusun. Setelah selesai bersih-bersih, kami mengajar di SDN 2 Kemutug Kidul untuk mengisi kegiatan ramadhan mereka. Pelajaran yang kami ajarkan antara lain Bahasa Arab, Kisah Nabi, Fiqih, Tajwid, Akhlak, dan Hadits.
Ketika waktu menunjukkan pukul 13.30, tiba saatnya untuk mengajar BBQ ( Belajar Baca Qur’an). Kegiatan BBQ ini diikuti oleh anak-anak sekitar umur 5-12 tahun. Kegiatan  BBQ yang dilaksanakan di Masjid Baiturrahman. Tidak hanya mengaji, setelah selesai mengaji biasanya kami isi dengan beberapa permainan, kisah nabi, kuis, bernyanyi, ataupun sharing. Sekitar pukul 15.00 kami akan menutup BBQ. Dan para ikhwan segera bersiap ke masjid karena setelah ashar mereka akan berlatih hadroh dengan guru yang telah kami panggil.
Saat waktu tarawih tiba kami segera sholat di tempat yang telah dijadwalkan karena kami akan mengisi kuliah tarawih dan tadarus Al-Qur’an.
Tidak hanya mengajar, mengisi kultum dan tadarus, di sana kami juga mengadakan pengobatan gratis yang bekerjasama dengan LAZISMU dan PMI. Sekitar 200 warga Desa Kemutug Kidul berdatangan di balai desa untuk melakukan pengobatan gratis pada Hari Ahad, 19 Juni 2016. Melihat raut bahagia dan antusias para warga, membuat suatu efek positif bagi kami untuk dapat terus bersyukur atas segala nikmat-Nya.
Untuk menutup rangkaian acara Dakwah Ramadhan kami mengadakan perlombaan di SDN 2 Kemutug Kidul pada Hari Jum’at, 17 Juni 2016 serta acara puncak yaitu Pengajian Akbar untuk memperingati nuzulul Qur’an pada Rabu, 22 juni 2016. Lomba di SDN 2 Kemutug Kidul terdiri dari lomba mewarnai, sholawat, adzan,hafalan surat pendek, dan ulangan untuk materi yang telah kami berikan.
Pengajian akbar tersebut kami isi dengan sambutan dari perwakilan pihak desa, ROHIS dan sekolah. Dilanjutkan penampilan hadroh dari ROHIS SMAN 2 Purwokerto, penampilan dari siswa SDN 2 Kemutug Kidul, pembagian hadiah dari perlombaan yang kami adakan dan tausyiah dari Ustadz Ahmad Gunanto. Ternyata antusias warga untuk mengahadiri acara penutupan dakwah Ramadhan sekaligus Pengajian Akbar sangat besar.
Berakhirlah rangkaian acara Dakwah Ramadhan di Desa Kemutug Kidul. Terimakasih kami ucapkan pada seluruh warga Desa Kemutug Kidul karena telah mengajarkan kami arti belajar bermasyarakat dan berdakwah. Terimakasih pula kepada pihak-pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan senantiasa Allah ganti dengan yang lebih baik. Tentunya kami sebagai manusia biasa juga mohon maaf apabila selama kegiatan Dakwah Ramadhan terdapat hal-hal yang kurang berkenan .
Alhamdulillah itulah pengalaman kami di ramadhan kali ini. Apa pengalaman sobat semua? Semoga juga tak kalah menarik ya,, karena sudah lebaran kami ROHIS SMAN 2 Purwokerto sekaligus ingin mengucapakan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.
“Selamat Lebaran,, Selamat berkumpul bersama keluarga sobat,,”
“Salam Hangat dari kami ROHIS SMAN 02 Purwokerto untuk sobat semuaa,
Dokumentasi Dakwah Ramadhan bisa di lihat di  

https://www.facebook.com/Rohis-SMAN-2-Purwokerto-124607044388251/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
July 23, 2016 at 4:41 PM delete

Subhanallah.. semoga Allah meridhoi..

Reply
avatar