Taddabur Alam 2016




Assalamu'alaikum wr wb
Alhamdulillah wa syukurillah, pada tanggal 12-15 Mei 2016 lalu ROHIS SMAN 2 Purwokerto telah melaksanakan kegiatan Taddabur Alam dari Cirebon, Jawa Barat sampai Bangkalan,Madura,Jawa Timur.

Perjalanan kami dimulai pada Kamis sore, 12 Mei 2016. Tempat pertama yang dikunjungi adalah makam Syekh Makhdum Wali di Karanglewas, karena tidaklah afdhol rasanya bila kita berziaroh sampai ke Madura tapi tidak mengunjungi yang dekat. Hujan cukup deras sempat menyambut kami di lokasi pertama, namun Alhamdulillah saat kembali ke bis hujan sudah berhenti.
Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Cirebon mengunjungi makam Sunan Gunung Jati. Lewat tengah malam kami melanjutkan ke daerah Jawa Tengah yang diawali dari Demak mengunjungi makam Raden Patah pendiri kerajaan Demak. Baru setelah itu kami melanjutkan ke Kadilangu tempat Sunan Kalijaga dan istirahat sholat Jumat disana. Kudus menjadi lokasi selanjutnya yang kami kunjungi. Dari terminal bus ke makam dengan becak. Tidak lupa kami mengabadikan momen di depan menara kudus yang terkenal itu.
Gunung Muria menjadi tujuan kami selanjutnya. Rombongan kami sampai di sana sekitar jam 5.15 sore. Kami sholat maghrib terlebih dahulu sebelum naik kendaraan. Rasa lelah sangatlah terasa dalam perjalanan naik ke atas, namun kami tidak menyerah. Biar lelah asal lillah. Sesampainya di atas, semua lelah terbayar dengan bermunajat serta mendoakan Sunan Muria. Saat turun, ini saatnya kami berbelanja, di sepanjang jalan mendaki memang banyak terjejer pedagang cinderamata khas. Saat turun, kami juga menyempatkan untuk membersihkan diri sebelum melanjutkan perjalanan. Tujuan selanjutnya adalah Tuban, Jawa Timur tempat makam Sunan Bonang. Kami sampai di sana sekitar tengah malam. Tidak terlalu lama, kami langsung melanjutkan ziaroh ke Lamongan, makam Sunan Drajat. Di sana kami tinggal sampai sehabis shubuh.
Gresik adalah tujuan selanjutnya, di Gresik kami mengunjungi makam Sunan Giri dan Sunan Gresik. Kami berada di Gresik kira-kira sampai pukul 10.00. kami langsung melanjutkan perjalanan ke Bangkalan. Hal yang sangat ditunggu-tunggu, melewati jembatan suramadu. Mengagumi kokohnya jembatan serta indahnya perairan di sekitarnya. Selanjutnya kami ke Surabaya mengunjungi makam Sunan Ampel. Selepas berziaroh, kami melanjutkan perjalanan ke Jombang, ke ponpes Tebuireng. Selepas maghrib kami sampai di sana, dilanjutkan makan malam. Suasana santri benar-benar terasa di sini. Sehabis makan, kami berziaroh dan istirahat sholat.
Dari Jombang, kami langsung menuju Purwokerto, kota tercinta. Alhamdulillah, sekitar jam 11.00 kami sampai dengan selamat di SMA N 2 Purwokerto.
Dokumentasi TA/ZW bisa dilihat di
https://www.facebook.com/124607044388251/photos/?tab=album&album_id=546048528910765

Wallahul muwafiq ila aqwamith thariq
Wasaalamu’alaikum wr.wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »